What's New
Loading....

Review Singkat Browser Microsoft Edge

Siapa yang gak kenal dengan browser yang satu ini, mungkin banyak juga sih yang gak kenal dikarenakan hanya pengguna windows 10 saja yang pasti pernah menggunakan browser ini, browser yang dikhususkan untuk system operasi windows 10 saja.

Setelah beberapa lama menggunakan windows 10, semejak dirilis beberapa tahun lalu, tepat setelah update gratis windows 8 ke 10 diluncurkan oleh Microsoft, saya sejujurnya sampai sekarang jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan browser yang satu ini, dikarenakan sudah jatuh cintanya dengan Google Chrome, Karena sudah terintegrasinya dengan Chrome di Smartphone saya, tapi, setelah saya mencoba untuk pertama kalinya, pandangan saya berubah, ketika dulu saya memandang chrome itu lebih baik dibandingkan dengan Microsoft Edge, ternyata saya salah, tapi tidak sepenuhnya salah, kenapa?.. mari kita bahas seperti apakah Microsoft Edge ini?..

1. Tampilan Home Screen

Tampilan awal ketika membuka browser ini, isinya sangat sederhana, ketika dalam keadaan offline, hanya akan menunjukan tampilan pencarian dan beberapa fitur umum lainnya, namun dalam keadaan online, maka fitur yang sesungguhnya akan muncul, dan tentunya akan membuat kita sedikit betah berlama lama didalamnya, terutama ketika kita sedang mencari berita terhangat seputar dunia, termasuk olahraga dan finansial.

2. Extensions

Extensions hamper setiap browser memilikinya, tapi ada yang berbeda dengan Microsoft Edge ini, jadi begini, Extensions ini tidak didownload langsung melalui browser seperti di Firefox atau Chrome, namun dengan teknologi yang semakain mutahir di windows 10, Extensions di Microsoft Edge ini hanya bisa didownload di Microsoft Store, seperti pada gambar disamping.
bahkan untuk cara instalasinya pun hamper sama ketika kita menginstal apps di store, sangat mudah dan simple.
3. Theme

Tidak seperti di browser lain, yang banyak sekali memberikan tema dan pilihan tampilan yang sangat menarik dan elegan, di Microsoft Edge, hanya diberikan dua tampilan klasik, yaitu Light dan Dark, sehingga membuat kalian pengguna browser ini hanya merasakan kesimpelan dan tampilan yang solid, bisa dilihat digambar disamping, saya menggunakan dark mode, dan alhasil ternyata sangat keren.


4. Kecepatan

Maksud dalam point kecepatan ini adalah, tentang bagaimana respon Microsoft edge mengambil resoursi dari hardware laptop kita, dan bisa dilihat, disini saya membuka beberapa tab (facebook, Blogger, YouTube, Wikipedia, dan game online catur, dan bisa dilihat juga Browser ini hanya memakan RAM tidak lebih dari 400 MB, namun tentunya pasti akan lebih memakan banyak RAM jika saya membuka tab lebih banyak lagi.

5. Fitur Keren

 Fitur share, bagi saya ini sangat berguna banget jika kita sering membagikan beberapa halaman, ke social media atau sebagainya dengan sangat mudah sekali, tinggal klik icon share, dan pilih mau dishare kemana?. dan tershare lah web anda, hehe
Make A Web Note, dengan fitur ini kita bisa mencoret coret halaman yang kita inginkan, contohnya seperti gambar disamping, saya mencoret coret halaman Wikipedia.







Tab Preview, dengan fitur ini, kita bisa melihat apa aja tab yang kita buka, ya fungsinya mirip mirip sama taskbar jika di windows, ya mirip mirip lah.









nah sekian dulu dari saya, sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Terima Kasih

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda :), baik berupa Kritik dan Saran Seputar Postingan saya diatas, atau anda bisa mengetikan pertanyaan , atau pernyataan seputar Postingan saya diatas :)