What's New
Loading....

Akhir dari Windows 7 Sudah ditentukan, Benarkah?

Masih ingat dengan tahun 2016 lalu, ketika saya kembali ke windows 7 setelah sekian lama berhenti menggunakannya, [Baca Juga: Back To Wndows 7], namun akhirnya kembali lagi ke windows 10, sampai sekarang, dan memutuskan untuk tetap setia dengan OS yang satu ini.

Windows 10 memang merupakan versi windows saat ini, dengan banyaknya fitur baru seperti cortana, dukungan cloud, tampilan Modern UI, dan bahkan ada beberapa fitur sangat baru yang akan muncul di Update Windows 10 Creator Update mendatang, namun masih banyak pengguna yang masih belum bermigrasi dari windows 7, karena menurut saya pribadi saat ini windows 7 masih cukup optimal untuk digunakan untuk kegiatan sehari hari, dan bahkan masih banyak teman saya di kampus yang masih menggunakan OS yang satu ini, namun akhir akhir ini, ketika saya melihat berita seputar dunia windows, dan microsoft, saya menemukan postingan dari https://blogs.technet.microsoft.com, yang jika kita baca dan translate menggunakan google "karena postingannya sendiri merupakan bahasa jerman?... mungkin?. yang postingannya sebagai berikut : 


kalian bisa langsung membuka postingannya di sini : akhir windows 7.
didalam postingan tersebut disebutkan bahwa Masa support Windows 7 bakal berakhir tahun 2020 nanti, dan saat masa itu tiba tidak akan ada lagi update serta patch security yang dirilis. 
namun tentu saja, bagi sebagian orang ini bukanlah akhir, karena seperti yang kita ketahui, masih banyak yang belum mau pindah dari OS tersebut, dan masih banyak juga teknisi yang secara langsung menginstalkan windows 7 secara bajakan kedalam pc atau laptop dengan sistem operasi dos didalamnya, dan masih banyaknya ketidak pedulian terhadap keamanan dan kestabilan sistem, dan tentunya ini tidak berlaku diindonesia saja. 
Jujur pernah saya mendapatkan pertanyaan dari teman lama saya, di sosial media, " bro, sekarang pake windows apa?.. " dan langsung saja saya dengan bangga menjawabnya " windows 10 pro "
dan pertanyaan lainnya langsung menyerang saya " lah, emang enak pake windows 10, aktivasinya susah bro, gak permanent, mendingan pake windows 7 ultimate, lebih mudah pake Windows Loa***, langsung aktif permanent". kurang lebih ya seperti itulah percakapan singkat saya, ya memang sebagai teknisi saya dan beberapa teman saya, lebih mementingkan bagaimana dapat gratisan, dan sebagainya, tanpa mementingkan keamanan, dan kestabilitasan sistem, namun berbeda ketika saya menggunakan windows 10 pro yang sudah diakui original, rasanya berbeda, tidak adanya bug, dan permasalahan yang serius, seperti akivasi yang bermasalah, atau ada virus yang menyerang sistem karena aktivator, nah dengan ini membuktikan perbedaan bahwa windows original dan bajakan itu tentunya sangat berbeda, meski tidak bisa dirasakan semua orang sih. 

Namun Saat ini Windows 7 masih menjadi sistem operasi terpopuler yang paling banyak digunakan pengguna PC. Menurut data StatCounter masih ada lebih dari 40% orang yang menggunakan Windows 7, sedangkan Windows 10 masih digunakan oleh 28% pengguna saja.  jadi intinya mungkin untuk beberapa tahun kedepan, windows 7 akan terasa sangat jadul, hampir sama seperti yang kita rasakan sekarang ketika kita menggunakan windows xp, namun tentunya untuk saat ini, windows 7 masih sangat layak digunakan, dan akan membuat para IT lover dan windows fan akan kembali kangen terhadap windows 7. 

Meski bahkan Microsoft Menyatakan Bahwa : 
  • Hanya Windows 10 yang support chip prosesor Intel, AMD, dan Qualcomm terbaru
  • Banyak aplikasi yang kini dibuat dengan optimasi terhadap Windows 10
  • Perusahaan yang menggunakan Windows 7 memiliki resiko keamanan besar
  • Windows 7 dibuat di era 2000an yang berbasiskan arsitektur security jadul
  • Windows 7 tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan teknologi modern saat ini, serta tidak memenuhi standar keamanan yang diperlukan IT departement saat ini
Namun untuk 3 atau 4 tahun kedepan windows 7 masih sangat layak untuk digunakan, namun tentunya bagi yang lebih mengutamakan keamanan dan kestabilan sistem, Update ke Windows 8.1 atau bahkan Windows 10, sangat saya rekomendasikan. namun bagi yang masih sangat suka dengan windows 7, atau memiliki kendala pada hardware yang tidak mencukupi untuk melakukan update ke windows 10, sebaiknya masih tetap bertahan sampai keuangan tersedia untuk membeli perangkat yang lebih memadai untuk menjalankan windows 10. 





Terima Kasih, dan Semoga Bermanfaat





0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda :), baik berupa Kritik dan Saran Seputar Postingan saya diatas, atau anda bisa mengetikan pertanyaan , atau pernyataan seputar Postingan saya diatas :)