What's New
Loading....

Cara Memperbaiki Mouse yang Selalu Off ketika tidak digunakan di Elementary OS

Kenapa Mouse di Elementary OS selalu mati setiap beberapa detik ketika mouse tidak digunakan?.. 
Itulah pertanyaan saya seputar masalah baru ini, mungkin kalian pengguna ELementary OS merasakan hal yang sama, terutama jika kalian sudah melakukan beberapa tweaks dan melakukan langkah ini : 


Nah sebelumnya mouse ini biasa dan dapat berjalan lancar, namun setelah mengalami masalah pada Laptop saya yang tidak bisa shutdown saya mencoba menginstal Apps “Laptop Mode Tools” melalui Terminal, dan masalah shutdown pun terselesaikan. 

Namun setelah itu, setiap kali mouse yang saya pasang di laptop saya selalu mati ketika tidak digunakan dalam jangka waktu 3 detik, namun bagi saya itu tidak masalah, namun terkadang akan sedikit menyusahkan ketika kita sedang melakukan aktivitas, yang menggunakan mouse tentunya. 
Namun ketika kalian menghubungkan daya listrik alias melakukan charge maka mouse akan berjalan lancar seperti biasa.

Cara Memperbaiki : 
Kalian Masuk Ke Direktori : /etc/laptop-mode/conf.d/usb-autosuspend.conf 
selanjutnya kalian edit usb-autosuspend.conf menggunakan text editor atau scratch lalu cari baris 
AUTOSUSPEND_USBID_BLACKLIST="" 
nah setelah itu kalian edit AUTOSUSPEND_USBID_BLACKLIST=""  dan menambahkan ID Mouse Kita : contoh AUTOSUSPEND_USBID_BLACKLIST="ID 0458 : 003a
nah kalian bisa melihat id mouse dengan mengetikan perintah Sudo lsusb dan cari mana mouse kalian.

  

jika sudah selesai, kalian bisa langsung save dan restart, dan mouse kalian akan lancar kembali. 


Oke sekian dari saya, semoga artikel ini membantu dan terima kasih telah berkunjung ke blog saya. 

Bersama saya Gylang Satria Yudha, sampai jumpa di postingan selanjutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda :), baik berupa Kritik dan Saran Seputar Postingan saya diatas, atau anda bisa mengetikan pertanyaan , atau pernyataan seputar Postingan saya diatas :)