Breaking News
Loading...
Thursday, 28 July 2016

Cara Optimisasi Windows 10

Hai, Balik lagi bersama saya, nah kali ini setelah beberapa lama gak ngulik sesuatu dikarenakan efek dari liburan yang terlalu panjang, saya akhirnya mendengarkan sebuah perbincangan hangat dan sampai juga kedalam hati dan fikiran saya, tentang seseorang yang bertanya " bang, bagaimana sih cara optimisasi windows 10, cara booting windows 10 agar lebih cepat, cara agar windows 10 lebih cepat deh " intinya pertanyaan seperti itu terlempar begitu saja, dan membuat otak malas saya kembali ingin bekerja, dan menghasilkan sesuatu yang baru, nah karena saya juga pengguna windows 10, dan sudah sedikit agak lama sebagai Windows User, dan sudah lebih dari 7 tahun berkutik dalam dunia IT, dan tentunya sudah sedikit berpengalaman dalam optimisasi sistem operasi agar lebih cepat, karena seperti yang teman teman ketahui selama 3 tahun saya bertahan dengan sebuah PC dengan Spesifikasi Intel Atom 1.6 Ghz " single core ", dan RAM 512 MB, dan HDD 40 GB, dan tentunya dengan spesifikasi itu sudah banyak sekali pengalaman, rasa sakit yang saya terima, terutama buat main game dan penggunaan photoshop yang hanya mentok dan kuat di versi CS 2 alias Photoshop Versi 9.0, hehe Jadul banget kan. 


Nah kali ini saya akan berbagi informasi juga nih tentang Bagaimana Cara Mengoptimalkan Windows 10 yang kita miliki, Btw cara ini juga berlaku bagi semua versi windows, diantaranya "XP, VISTA, 7, 8, 8.1 " intinya semuanya deh. 

Dalam percobaan ini saya menggunakan Laptop Acer Aspire E1-470 dengan spesifikasi : Intel Core i3 3217U 1.8 Ghz, RAM 8 Gb, HDD 1 TB, VGA Intel HD 4000. 



Spesifikasi yang standar dan Medium lah buat sekedar main game ringan dan dengerin musik, editing menggunakan Photoshop dan Premiere, dan tentunya buat Membuat Postingan di Blog ini.

Oke Langsung saja Berikut Tutorialnya :

  • Cara Mempercepat Booting
Nah dalam hal ini bukan cara mempercepat loading windows yang muter pas tombol power dinyalain yah, tapi proses setelahnya, dimana setelah masuk login screen dan memasukan password.

1. Menghapus Beberapa Service dan Startup yang tidak digunakan. 
Ada dua cara yang bisa digunakan, anda bisa menggunakan MSCONFIG dan Tools dari pengembang, alis software pihak ketiga, saya disini menggunakan Iobit Startup manager yang sudah satu paket dengan Iobit Advanced System Care.

Nah didalam MSCONFIG, anda bisa pilih tab service dan langsung aja Uncheck yang gak digunakan, contoh : Google Update, Adobe Updater dan sebagainya " Hanya Yang Gak digunakan aja ya Teman Teman ".

Dengan Software ini sama saja sih dengan Menggunakan MSCONFIG, namun lebih simple aja, anda tinggal masuk ke Service dan lakukan hal yang sama dengan langkah diatas, dan jika diperlukan masuk juga ke tab Startup dan Disabled juga Proses yang gak diperlukan Seperti : Adobe ARM dan sebagainya.


Nah dengan 2 cara diatas anda bisa mempercepat Booting Windowsnya, meski pengaruhnya hanya 40 - 60 % aja, namun lumayanlah, karena tergantung dengan spesifikasi dari perangkat anda juga, dalam kasus saya, saya bisa mempercepat booting sampai 20 kali lebih cepat, yang tadinya sekitar 59 Detik Menjadi 35 Detik. tapi berbeda halnya jika anda menggunakan windows 7 atau xp, karena pada dasarnya di windows 8 dan 10 booting dipercepat oleh windows sendiri.


  • Cara Meminimalisir Penggunaan RAM
Caranya sih simpel aja teman teman, dengan cara diatas juga kalian sudah bisa menghemat penggunaan RAM, karena dengan mematikan Service dan Proses saat Startup bisa menghemat RAM juga. namun lebih baiknya anda mematikan Windows Update dari Service.msc dan Mengubahnya Menjadi Manual atau DIsabled.
Kalo di windows xp, dan 7 anda bisa masuk ke Control Panel > Windows Updatenya langsung di Off aja dari sana. Kenapa windows update, karena dengan berjalannya windows update selain mengurangi kuota anda, dia juga memakan banyak sekali RAM, sampai 1 GB loh, jadi kalo ram Teman Teman hanya 2 GB, maka akan sangat memberatkan juga kan.
# Pengalaman Sebelum Upgrade RAM.



Nah Dua Cara Diatas itu sudah mampu mengoptimisasi Windows teman teman semua, nah meski sih cara diatas tidak sebagus dan seoptimal dengan mengganti Hardware dan Upgrade beberapa Komponen Laptop kita, namun dengan 2 cara diatas kita sudah mampu dan tentunya lebih hemat lah, terutama bagi yang masih pelajar, mahasiswa, dan pegawai biasa yang tidak mau kehilangan banyak uang demi optimisasi hardware.

Oke Sekian dari saya Mohon maaf jika ada kekurangan, Jika ada penambahan nanti akan saya Update kembali Postingan ini, silahkan berikan komentar yah, bagi teman teman yang mungkin memiliki beberapa Trik khusus dan lebih simple lagi :).

Terima kasih.




0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda :), baik berupa Kritik dan Saran Seputar Postingan saya diatas, atau anda bisa mengetikan pertanyaan , atau pernyataan seputar Postingan saya diatas :)

 
Toggle Footer