Breaking News
Loading...
Thursday, 19 May 2016

Satu Jam Bersama Linux Ubuntu

Tanggal 19 mei 2016, disela sela kegiatan UAS semester 2 saya sebagai mahasiswa, tidak lupa saya juga sering ngulik dan selalu ngoprek. :D 
tanggal 19 hari ini, untuk pertama kalinya saya memposting sebuah artikel dengan menggunakan OS Linux, percaya atau tidak inilah kenyataannya :).

sebenarnya sih saya menggunakan linux ini bukan sebagai OS utama, karena saya masih sangat sayang sama windows 10 original yang saya dapatkan :D, tentunya OSnya lebih mudah digunakan untuk anak informatika seperti saya yang selalu berkutik dengan C++ dan Visual Studio. 

Mari kita bahas sedikit pengertian tentang linux ubuntu :
Ubuntu (/iconʊˈbʊnt/) merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama"[9]. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

#wikipedia

nah saya disini menggunakan OS Ubuntu dengan versi 15.10 dengan arsitektur 64bit, dikarenakan RAM laptop saya menggunakan 8 GB, sehingga biar lebih mantap, oke berikut Hands On Linux ubuntu yang akan saya kupas dan saya berikan kepada para penonton dan pembaca semua :D

Tampilan :
Tampilannya keren, mirip dengan OSX, dan lebih ringan dimata, tampilannya OKE banget, meski masih kalah sama OSX sih :D karena saya pernah menggunakan Hackintosh :p.
berikut screenshotnya :

tampilannya masih standar sih dikarenakan saya gak punya wallpaper dan tweak yang mantap buat linux ini, dan dikarenakan linux ini juga tidak diinstal didalam laptop saya.

Kinerja System :
bisa dilihat diatas adalah system resource nya, mirip kayak task manager, namun tentunya berbeda :D

kinerja sistem linux ini lebih ringan dibanding windows 10 yang saya gunakan, tampilannya yang fresh membuat os ini oke banget deh, sekali klik program langsung terbuka. 

Keamanan : 

1. WIndows:
- Untuk windows yang baru diinstall pertama kali (out of the box), banyak memiliki celah yang memungkinkan cracker menerobos keamanan sistem Anda.
- Anda harus selalu mengupdate sistem Anda untuk mencegah celah-celah keamanan baru dimanfaatkan oleh cracker.
- Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan, oleh karena itu para pembuat virus pun menargetkan Windows sebagai target utamanya.
- Sistem login XP mudah ditembus dengan tools tools tertentu dan tidak ada jeda waktu bila pengisian passwordnya salah.
-Secara default, user yang pertama kali dibuat oleh Windows adalah administrator. Ini sangat berbahaya bila kita tidak mengerti cara mengamankan komputer dan memasang antivirus yang uptodate.

2. Linux
- Versi linux yang baru pertama kali diinstall relatif lebih sedikit celah keamanannya.
- Sistem linux lebih jarang dibanding windows untuk update karena sistem keamanan Linux yang baik.
- Secara teori, pengguna sistem linux lebih sedikit dari windows, sehingga virus untuk linux pun jarang dibuat.
- Sistem login Linux sangat baik, karena bila kita salah, maka akan ada jeda waktu selama kurang lebih 3 detik (kalau tidak salah) sebelum kita bisa memasukkan password yang lain. Ini sangat baik, sehingga akan menyulitkan tool semacam password cracker untuk menerobos masuk.
- Linux akan merekomendasikan penggunaan account setingkat user pada saat penginstalan. Apabila seorang hacker berhasil masuk, maka hacker tersebut hanya dapat mengacak-acak account user tersebut. 


nah jadi dengan membaca sedikit kesimpulan diatas linux tentunya lebih aman dong dibanding windows.

nah mungkin segitu yang saya akan berikan seputar linux ini, sehingga menjadikan artikel ini kurang bermakna :D hahahah becanda.. 

Kesimpulan : 
selama saya menggunakan linux ini, dari kelas 2 SMK dulu, yang membuat saya kehilangan seluruh data penting PKL, bisa anda baca di Linux atau Windows
ternyata linux ini keren juga jika digunakan, dan tentunya aman jika digunakan untuk berbisnis atau untuk perusahaan, namun jika digunakan untuk kegiatan seperti saya yang berstatus sebagai mahasiswa, dan blogger, yah windows sudah sangat cukup, linux juga adalah os gratis berbeda dengan windows 10 yang harus kita beli seharga 2.5 jt, wow. 

mungkin seperti itulah arikel saya, semoga bermafaat dan memberikan sedikit referensi bagi pembaca sekalian :), thanks for visit my blog, and see you on next post :)


0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda :), baik berupa Kritik dan Saran Seputar Postingan saya diatas, atau anda bisa mengetikan pertanyaan , atau pernyataan seputar Postingan saya diatas :)

 
Toggle Footer