Breaking News
Loading...
Monday, 24 August 2015

Cerita Dibalik SBMPTN 2015

Ujian Nasional sudah kami lalui dan tidak terasa masa depan sudah tinggal selangkah lagi, tetapi bagi saya dan kelima teman saya, belajar 12 tahun itu terasa tidak cukup dan akhirnya kita mencoba mendaftar SBMPN, dengan jalur Bidik Misi,. dan inilah kisah kami berlima.
Yayan Sopyan, Eri Setiawan, Gylang Satria Yudha, Irmansyah dan Robi, kita dengan semangat dan rasa percaya diri yang tinggi, sangat ingin masuk ke Universitas dan Perguruan Tinggi Negeri, ya Seperti ITB dan UI, bahkan Eri sangat ingin ke Malang dan masuk Universitas Brawijaya.
Malam Hari sekitar malam minggu, kita semua berkumpul di sekolah kita yang indah, dengan bermodalkan laptop saya dan modem millk sekolah, kita mendaftar Online SBMPTN 2015, nah meski sedikit membingungkan, tapi akhirnya kita terdaftar juga karena kita dibantu salah satu Staf tata usaha di sekolah kami.
keesokan harinya tidak terasa kartu Peserta SBMPTN 2015 sudah ditangan kita masing masing, dan dengan rasa percaya diri yang tinggi, kita siap mengikuti Test Ujian masuk ke UNIV NEGERI.
Screenshot (44)Screenshot (45)Screenshot (46)
Nah sekitar beberapa minggu kita persiapan, Baik Mental ataupun Keuangan. karena kita akan melakukan testing di bandung. dalam hati asik rasanya bisa ke bandung bersama teman teman, kita dari daerah pantai selatan, Perbatasan antara Palabuhanratu dan Pajampangan “JAMPANG” Juga Pantai Ciwaru, pergi ke salah satu kota terbesar di Indonesia, yaitu Bandung.
7 Juni 2015 Kita berangkat dari rumah ke bandung, selama 4 hari disana kita akan tinggal bersama keluarga Yayan Sopyan di Daerah cibaduyut, beruntung salah satu teman saya mempunyai saudara disana, Setelah sampai di Kota bandung, dengan waktu perjalanan yang hampir 8 jam lamanya, kita sampai.
8 Juni 2015 jam 8 pagi, kita melakukan Survei lokasi test masing masing, agar saat tanggal 9 nanti, kita tidak kebingungan mencari lokasi. Diantar kakak yayan sopyan, kita akhirnya menemukan lokasi kita akan bertempur besok. saya kebagian di SD NEGERI PELITA BANDUNG di jalan Rajamantri Kidul no 4 Bandung. setelah menemukan lokasi kita masing masing, kita semua pulang dan beristirahat untuk pertempuran besok.
9 Juni 2015 tepat Film Pertama yang saya buat ditayangkan, dimana para Kru melihat film kita dengan bahagia, saya sendiri sebagai Kameraman, penulis skenario, Editing dan Sutradara, Harus memacu Otak agar bisa lulus di test ini. jam 04.00 Kita berangkat dari Cibaduyut menuju lokasi pertama karena takut dihadang macet.lokasi pertama yaitu Irmansyah selanjutnya ke Lokasi saya, karena kebetulan lokasi saya dan irman sangat dekat. jam 04.30 saya sudah stand by di lokasi, disana masih sepi, dan belum ada orang, ya iyalah jam 04.30 mungkin peserta lain masih tidur nyenyak, saya berkeliling lokasi dan menemukan masjid dengan beberapa orang didalamnya, saya kemudian beristirahat sejenak di masjid sekaligus untuk menunggu adzan subuh dan melakukan solat berjamaah bersama sesepuh dan warga disana. Jam 05.30 sudah terlihat beberapa calon Mahasiswa dan Mahasiswi di SDN PELITA, wajah mereka sangat menyeramkan, seakan siap bersaing dan membunuh temannya demi masuk ke PTN, jam 06.20 seakan semut menggerumuni gula peserta lain datang dengan berbagai kendaraan yang mereka bawa sendiri, dan dalam hitungan menit ratusan Calon Mahasiswa sudah berkumpul, ada yang berkenalan ada yang baca buku dan ada juga yang hanya memaikan Ponselnya, seakan mata saya meneliti setiap orang disana, ada berbagai macam tipe dan sikap mereka masing masing, dan semakin saya meneliti sikap mereka saya malah merasa semakin kalah mental, melihat wajah yang sangat menyeramkan membuat saya hampir ketakutan. jam 7.30 selesai sudah saya meneliti kemampuan mereka, akhirnya bel berbunyi dan peserta dipersilahkan masuk kedalam ruangan.
Pengawas mengecek tanda kelulusan kita semua, dan juga kartu SBMPTn 2015 yang sudah dicetak, Tas, HP, JAM tangan semua harus disimpan di depan “ maskudnya di meja yang telah disediakan.” dan akhirnya saya duduk di meja dengan nomor peserta saya diatasnya..
Kemudian saya berdoa, semoga saja Pelajarannya Gampang, dan saya mampu mengerjakan soalnya.
beberapa menit kemudian, Pengawas memberikan kita Lembar jawaban dan kemudian mempersilahkan kita untuk mengisi Identitas kita didalamnya. sekitar 15 menit, petugas kemudian memberikan lembar soal bertuliskan SAINTEK karena saya masuk kedalah kelompok ujian SAINTEK, dan ketika saya melihat Soalnya ????? seakan Rasa percaya diri yang sudah dibangun sejak 2 minggu lalu, hancur ketika menpata soal yang sangat susah dan memusingkan, bagaimana tidak, Soalnya semuanya  campuran antara MATEMATIKA, FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, DAN ENTAH APA NAMANYA KARENA SAYA LUPA. saya kemudian mengerjakan soal itu dengan hati yang bimbang, dalam hati saya kemudian berbicara “ apakah orang lain merasakan hal yang sama seperti saya?.. “ entahlah.
Mungkin pembaca Penasaran seperti apa sih soal SBMPTN 2015 SAINTEK, soalnya lebih susah dari Ujian Nasional bahkan ada beberapa soal yang bahkan saya tiak mengerti?..
+ Maaf Foto Soal tidak bisa saya Ambil karena HP saya HP China jadi Buram..
120 Menit saya mengerjakan soal dengan jumlah 60 soal kalo gak salah, ada beberapa yang tidak saya isi karena sangat susah luar biasa. Setelah bel berbunyi Pengawas mempersilahkan kita keluar ruangan untuk istirahat dan persiapan soal berikutnya.
diluar ruangan kemudian saya duduk dan sekedar melihat pemandangan sekitar dan mencoba mengingat pelajaran dan rumus yang sudah saya hapal sebelumnya.
30 menit kemudian, bel berbunyi dan pengawa mempersilahkan kami masuk ke ruangan kembali, sama seperti tadi TAS, HP dan JAM disimpan di depan, pengawas memberikan lembar jawaban dan Pengawas memberikan soal lagi. kali ini soalnya adalah soal campuran antara  BAHASA INDONESIA, BAHASA INGGRIS DAN MATEMATIKA, tapi dengan level yang berbeda, bayangkan aja pemirsa, saya membaca 1 SOAL bahasa inggris hampir sekitar 1 Lembar soal, gila, panjang banget. dan yang paling parah, ternyata soalnya sangat susah, meski tidak sesusah soal yang SAINTEK. di tahap ini saya merasa saya bisa dalam mengerjakan soal ini..
detik demi detik, akhirnya bel berbunyi dan saya dapat mengerjakan sekitar 95 % soal dengan kemunginan gagal 5/10. kemudian pengawas mempersilahkan kita keluar ruangan dan Pulang, tapi sebelunya kita berdoa dulu semoga kita lulus semua, AMIN.
Seharian itu saya merasa sangat lelah, dengan pelajaran yang menguras pikiran dan tenaga saya, dan alhamdulilah dengan seiringnya waktu berjalan, tidak terasa saya sudah berada di rumah saya di kampung halaman saya.
+ BAGAIMANAKAH PERASAAN KEEMPAT TEMAN SAYA KETIKA MENGERJAKAN SOAL?.. SAYA RASA SAMA SAJA SEPERTI SAYA. Open-mouthed smile
1 bulan kami menunggu hasil dari test tersebut, banyak hal yang terjadi, diantaranya kita telah melaksanakan  Pelulusan, dan secara resmi kita telah berevolusi dari SISWA menjadi MASYARAKAT BIASA.
9 juli 2015 dirumah yayan sopyan saya menyalakan laptop saya, menunggu jam 05 sore, karena pengumuman akan diumumkan pada pukul 5 sore, dengan kuota internet yang melimpah saya menunggu waktu dengan browsing dan download. jam 05, waktu yang telah ditunggu telah tiba, dan saya kemudian membuka situs SBMPTN, satupersatu saya membuka server yang ternyata mulai down karena sangat banyak yang membuka situs tersebut, 6 dari 10 Situs yang disediakan ternyata down, dan di salah satu situs akhirnya saya berhasil masuk, dengan perasaan yang deg degan, dan rasa penasaran yang sangat besar, saya mulai memasukan Nomer Peserta SBMPTN dan mulai mengeceknya, 1 Menit Loading, dan akhirnya sesuatu Muncul.
Screenshot (15)
Seperti pada gambar diatas, ternyata saya tidak lulus, dalam hati saya merasa kecewa, karena tidak bisa masuk kedalam Perguruan Tinggi negeri,, Tapi apa daya, melihat berapa banyak perserta yang mengikuti ujian ini demi satu tempat yang sama, memang kemampuan akademik paling diutamakan. dan bagaimanakah dengan keempat teman saya yang lain, mereka pun sama tidak lulus juga seperti saya, tapi dengan test itusaya mendapatkan pelajaran baru, bahwa ternyata Doa dan Nasib tidak akan berguna tanpa adanya usaha dan kerja keras.. Sad smile

Ok, saya sekarang sudah terdaftar di Univeristas Swasta, bersama Yayan dan Prana, kita akan belajar kembali, meski di Universitas swasta, kita tidak merasa iri dengan Mahasiswa yang diterima di Univ Negeri, Selamat Buat kalian yang masuk ke Universitas Negeri, dan Jangan Menyerah Bagi Kalian yang Tidak Lulus, masih banyak Univ Swasta yang dapat menerima kita.
Saran Bagi adik adik kelas yang mungkin suatu saat akan melanjutkan kuliah dan ingin mencoba masuk ke PTN, nah kalian harus banyak belajar dari sekarang, mulai baca buku buku kalian dari kelas 1, sampai kelas 3, karena di Test SBMPTN semua itu ada, dan jangan lupa juga Berdoa dan Mohon Restu kepada Orang Tua kalian, karena Doa Orang Tua itu manjur loh. Gak percaya?.. COba aja sendiri.. Jadi Teruslah berusaha untuk belajar dan belajar, jangan langsung Nikah, Ingat itu… “ karena banyak kasus setelah lulus dari SMA/SMK, siswi yang cantik cantik langsung menikah tanpa melihat resiko dan Tanggung jawab mereka. “.

Oke sekian dari cerita saya, jika ada kekurangan, saya mohon maaf, Tulisan ini tidak bermaksud menyinggung orang lain, dan hanya untuk share pengalaman dan ilmu semata. thanks atas kunjungannya, sampai berjumpa di Postingan berikutnya. Smile

8 komentar:

  1. Inspiratif kak cerita nya. Saya tahun ini juga ikut sbmptn semoga LULUS,doakan saya ya kak :)

    Ohiya btw kakak les nggak buat sbm atau belajar mandiri? Soalnya saya nggak les

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makasih telah berkomentar, semoga lulus yah, dan tetap semangat, saya sih gak ikut les, cuma belajar mandiri aja, tapi tetap aja berusaha dengan keras, dan tentunya berdoa dulu.:) saat mengerjakan tes SBMPTN saran saya, jangan ragu, dan jangan mau berkenalan dengan cewek dan sebagainya, intinya mereka itu musuh, dan pesaing, kalo bisa kalahkan mereka, sesuai pengalaman aja sih. :D jangan terpengaruh dengan kondisi, karena mereka ikut les, dan sebagainya, namun tetap percaya diri, dan jangan lupa minta restu dan doa dari orang tua yah. :)..

      # kalo lulus, komen lagi oke.

      Delete
    2. Alhamdulillah kak saya lulus sbmptn 2016 di pendidikan geografi unj. Bersyukur banget saya kak, makasih atas doa dan dukungan nya :)

      Btw, nilai mati gk ada kak, matdas saya -1 dan alhamdulillah saya lolos hehe

      Delete
    3. Oke selamat ya.. semangat terus kuliahnya.. :)
      Jangan banyak bolos, dan ya selamat menjalani kehidupan mahasiswa.. (y)

      Delete
    4. Oke selamat ya.. semangat terus kuliahnya.. :)
      Jangan banyak bolos, dan ya selamat menjalani kehidupan mahasiswa.. (y)

      Delete
  2. Replies
    1. iya, makasih, semoga menjadi acuan dan inspirasi bagi banyak orang. :)

      Delete

Silahkan berikan komentar anda :), baik berupa Kritik dan Saran Seputar Postingan saya diatas, atau anda bisa mengetikan pertanyaan , atau pernyataan seputar Postingan saya diatas :)

 
Toggle Footer