What's New
Loading....

Review Samsung Galaxy J1

Share Pengalaman dan Fitur yang ada dalam HP Samsung Galaxy j1
Oke, Bicara tentang smartphone di jaman yang sudah modern ini, sungguh tidak asing jika melihat dan mendengar beberapa orang manusia yang manggunakan salah satunya, diantara puluhan Merek smartphone kali ini saya akan membahas salah satunya, Yaitu Samsung.
Pertama kali saya memakai sebuah ponsel itu sekitar tahun 2002, waktu itu saya memakai ponsel bermerek Nokia, entah tipe bagaimana saya lupa?... tetapi yang saya ingat tidak secanggih jaman sekarang. Tahun 2014, adalah awal bagi saya menyentuh dunia smartphone atau ponsel pintar, yah kenapa baru tahun 2014?... karena saya punya uangnya ya di tahun sebelumnya. hahahaha maklum pelajar..
Nah di tahun 2014, saya memakai Samsung Galaxy Fame ponsel yang dibuat oleh vendor SAMSUNG, dengan Prosesor Single Core dan Ram 512 Mb, menemani waktu dan komunikasi saya selama beberapa bulan, Berikut Review Samsung Galaxy Fame.
Samsung galaxy fame, yang saya beli itu buatan Vietnam kalo gak salah, karena di bungkusnya terdapat tulisan Made In Vietnam, nah saya waktu itu membeli ponsel ini, di sebuah Toko di daerah Palabuhanratu, dengan bermodalkan Uang Rp. 1.700.000, dan setelah melirik lirik beberapa ponsel saya akhirnya tertarik mencoba Handphone Tersebut. Dan akhirnya saya pun melepas uang yang saya bawa dan menukarkanya dengan HP tersebut.
clip_image002
Nah diatas adalah sedikit Foto yang saya Ambil sebelum menjual kembali Hp tersebut.
Nah setelah itu beberapa bulan saya memakai ponsel itu, dan Ternyata Lambat Laun hp tersebut menjadi semakin Lemot dan membuat Komunikasi saya terkadang terganggu, Bayangin aja bro, ketika ada yang Menelpon saya, saya mau angkat aja itu telpon butuh waktu beberapa detik karena kelemotan hp tersebut, entah saya terlalu memasang banyak aplikasi atau apa?.. tapi saya rasa bukan karena kesalahan aplikasi atau sebagainya, karena saya Cuma memasang Aplikasi BBM, dan CCLEANER saja, tapi kenapa Lemot?... nah setelah saya selidiki lebih salam, ternyata kelemotan tersebut berasal dari spesifikasi Handphone tersebut yang terlalu Low, dengan Spek Prosesor Single Core 1 GHZ, ram 512 Mb, dan GPU Broadcom? Yang baru saya dengar, ternyata tidak dapat menunjang kegiatan saya sehari hari, yang sering Buka Tutup Aplikasi BBM, dan Internetan. Nah sekitar 6 Bulan saya memakai HP tersebut akhirnya karena saya sudah kesal akan kelemotan Hp tersebut saya Jual deh dengan Cara Tuker Tambah dengan HP Smartphone yang baru..
Tapi sangat disayangkan, saya membeli HP tersebut Rp. 1.700.000 tetapi ketika saya mau jual kembali hanya laku Rp. 700.000?.. RUGI.
Nah saya tuker tambah aja deh dengan Smartphone terkini yang Bermerek Samsung lagi, Tipenya Samsung Galaxy J1 yang masih saya gunakan sampai sekarang.
clip_image004
Nah Ini nih Hp yang masih saya gunakan sampai sekarang dan menemani komunikasi saya..
Sedikit saya akan mereview Tentang Ponsel Samsung Galaxy J1 yang saya gunakan ini.
SPESIFIKASI
CPU 1.2 GHZ dual core Proccesor
GPU Mali 400
RAM 512 MB
Storage 4 GB Internal Memory (2 GB system)
MicroSD Up To 128 GB
Network GSM, EDGE, HSPA+ (Up To 21 MBPS)
Camera Primary 5 MP (autofocus, LED Flash). 2 MP Secondary (Palm Selfie, Face Detections.)
Battery 1850 MAH
OS Android Kitkat 4.4.4


Nah diatas adalah cuplikan tentang spesifikasi Samsung Galaxy J1, saya sedikit memodifikasinya dengan memakaikan Memory Card sebesar 32 GB, sehingga menjadikan pengalaman memakai handphone android menjadi lebih menarik dan menakjubkan, apalagi dengan kamera depan yang sudah mencakup Kualitas yang bagus yaitu 2 Megapixels Camera, dengan fitur Palm selfie yang memungkinkan pengguna memotret selfie tanpa menyentuh Hp tersebut, di era yang sudah sangat modern ini memang selfie itu menjadi tren tersendiri.. sedangkan untuk kamera belakang 5 MP itu sudah sangat mumpuni bagi anda yang suka potret foto dan merekam video, apalagi kualitas video yang disuguhkan sudah mendukung HD 720p sehingga video sangat jelas dan detil..
Berikut Cuplikan Pemakaian Kamera Samsung Galaxy J1.
Kamera Belakang.
clip_image006
Asep Permana (Kiri), Prana M Maulana (Kanan)
clip_image008
Dasep satria
Kamera Depan.
clip_image010

clip_image012
Nah diatas sudah saya berikan beberapa contoh foto yang saya ambil menggunakan kamera Samsung Galaxy J1, nah jika anda penggemar Photoshop Maka anda bisa mengkreasikan Foto anda menjadi lebih menarik dan menambahkan sedikit gosokan bagai menggunakan Kamera DSLR.
Berikut Contohnya.
clip_image014
Menggunakan Fitur Path Blur pada photoshop CC 2014.
clip_image016
Smudge Painting
Nah seperti Itulah beberapa cuplikan, dan review tentang kamera, sekarang kita beralih ke fitur Spek Hardware Lainnya.
Samsung Galaxy J1 yang saya gunakan menggunakan processor Dual core 1.2 GHz, Ram 512 MB, dan GPU Mali 400, jika digunakan untuk memainkan game Ringan saya rasa lancar jaya dan tidak ada lag sedikitpun, contoh game yang sering saya mainkan. (Candy Crush Saga, POW, Angry Bird Season, Cut The Rope, Subway Surfer), tetapi jika kita memaikan game yang sedikit memakai tenaga contoh saya pernah memaikan game (Shadow Fight 2), maka akan terjadi beberapa Lag, bahkan Game tersebut keluar sendiri karena pemakaian Ram melebihi kemampuan sang Handphone tersebut, dan terpaksa deh saya hapus game tersebut padahal seru..
Untuk penggunaan Sosial Media seperti Facebook dan Twitter, saya jarang menggunakan Aplikasinya Langsung karena menurut saya hanya membuang kapasitas ram saja, dan saya menggunakan Aplikasi Opera Mini untuk sekedar Update Status atau ngetweet.. sedangkan aplikasi social media lainnya yang saya instal hanya aplikasi yang sering saya gunakan contoh saya menggunakan (BBM, dan Instagram) cukup 2 Sosial media tersebut karena kalo banyak Hp saya menjadi Lemot. L
Nah Buat kalian pengguna Samsung galaxy j1 saya punya sedikit Tips yang mungkin sangat berguna bagi anda jika HP anda terasa sangat Lemot dan menyusahkan..
Berikut Tips dari Saya.
- Gunakan Aplikasi Sosial Media Seperlunya, jangan terlalu ingin gaya gayaan dengan cara mempunyai semua akun Sosial Media seperti, Line, Kakao Talk, atau Path.
- Gunakan Aplikasi Pembersih secara Rutin, Saran saya Memakai Aplikasi CCLEANER yang bisa di download di Playstore, saran lainnya jangan gunakan banyak aplikasi sejenis, contoh menggunakan aplikasi Clean Master dan DU Speed Booster, karena Aplikasi tersebut memakai banyak Ram, saran saya hanya gunakan CCLEANER saja.
- Disable Service yang tidak penting, bias melakukannya dengan cara masuk ke pengaturan, dan Aplikasi, Buka Bagian Semua Aplikasi dan DISABLE aplikasi Ini : (Download, Drive, Dual Clock Digital, Galaxy Apps, Galaxy Gift Indonesia, Google Calendar Sync, Google Contact Sync, Google Play Books, Google Play Games, Google Play Newstand, Google Search, Google+, Hangouts, Samsung Account, Software Update, User Manual.) nah beberapa aplikasi tadi itu menurut saya sangat jarang digunakan dan hanya memberatkan kinerja Ram Hp saja.
- Gunakan Aplikasi Pemutar Musik yang Bagus Contoh PowerAMP full version atau AIMP dan DISABLE Google Play Musik karena aplikasi tersebut memakai banyak Ram sehingga terkadang saat kita sedang mendengarkan music, aplikasi tersebut keluar sendiri.
- Gunakan dan Instal Aplikasi Berbayar. Nah ini nih yang jadi kesukaan saya, karena aplikasi berbayar itu tentunya bukan murahan dan membuat system Android kita Kacau.
Berikut Screenshot HP Samsung Galaxy J1 Saya.
clip_image018
Home Screen (Wallpaper Samsung Galaxy S6 Edge)
clip_image020
clip_image022
Aplikasinya Simple aja, gak usah berantakan dan Banyak tapi gak kepake.
clip_image024
Service Yang di DISABLE
Nah seperti Itulah Handphone Samsung Galaxy J1 saya, semoga Hp ini menjadi teman saya beberapa waktu kedepan, karena sayang Uang kalo Harus Gunta Ganti HP, dan Menyusahkan Orang Tua Tentunya.
Oke, jika anda pengguna Handphone Seperti saya, Pergunakanlah HP tersebut sesuai Kebutuhan, gak perlu Gaul dan Tampil Gaya, karena Gaya dan Keren itu bukan dari HP yang canggih macam Iphone 6 atau Samsung Galaxy S6, tapi dari sang pengguna sendiri, kayak saya yang keren. Hahahaha.
Secanggih canggihnya sebuah alat jika itu buatan manusia maka akan tetap memiliki kekurangan.
Kekurangan Samsung Galaxy j1 adalah sebagai berikut.. (Menurut Saya)
- Proccesor Dual Core ( Untuk main Game HD Minimal menggunakan Quad Core)
- RAM 512 MB
- Kamera Belakang Tampak Menonjol sehingga mudah tergores.
- Layar tidak didukung dengan Teknologi Corning Gorilla Glass, sehingga Mudah tergores.
- Battery 1850 mah, hanya bertahan 27 Jam Pemakaian Standby, dan 12 Jam Pemakaian Super (Musik, Internetan, dan game), dan Lebih dari 35 Jam saat Mode Power Saving Mode Diaktifkan dan digunakan untuk pemakaian Normal.
- Jika Memainkan Game HD (Shadow Fight), Hp akan Panas…
Kelebihan Samsung Galaxy J1 adalah sebagai berikut… (Masih menurut saya)
- Kamera Mantap Bro.. 5 Mp + 2 Mp.
- Dual SIM Standby (Memudahkan Buat Berselingkuh Hahahaha)
- Memory Card Up To 128 MB.
- Kualitas Rekaman Video 720p.
- OS nya Android Kitkat 4.4.4 (Lebih baik dari 4.4.2)
- Ukuran 4.5 Inch (Ukuran Normal dan Mudah digenggam)
- Bentuknya Unik.
Oke, Saya Gylang Satria Yudha, Terima Kasih telah membaca sedikit tentang Tulisan saya yang Gak jelas ini. Maaf Bila Masih banyak kekurangan, anda dapat menyampaikan Kritik dan saran di Kolom Komentar DI Bawah..
Thanks.

Update 26 Januari 2016
Seperti yang kita ketahui, saat ini ada sebuah handphone samsung galaxy j baru dengan nama Samsung Galaxy J1 Ace, ya, dengan banyaknya spesifikasi baru, dan fitur baru yang disuguhkan, membuat seluruh jajaran samsung galaxy j, saat ini laris dipasaran, Namun, masih banyak yang masih menggunakan Samsung galaxy J1 keluaran lama, seperti yang saya reviewkan beberapa waktu lalu, nah Kali ini saya akan menambahkan sebuah komentar baru seputar samsung Galaxy J1 ini.
Permasalahan yang sering terjadi dan dirasakan oleh rata rata pengguna samsuung galaxy j1 keluaran pertama, yaitu BBM yang Sering Force Close.

nah bahkan ada seorang yang bertanya kenapa sih icon BBM di Samsung Galaxy J1 ini selalu ilang?.. nah pada kesempatan ini saya akan membahasnya.
 
Penyebab Icon BBM pada samsung galaxy j1 yang sering menghilang adalah RAM yang kurang memadai, nah, dengan banyaknya aplikasi yang terbuka, dan banyaknya aplikasi bawaan seperti Google+, Hangouts, dan lain lain, menjadikan pemakaian RAM menjadi penuh dan otomatis HP pun tidak dapat menerima jika dirinya kelebihan beban, sehingga terjadilah Force Close.
 
Cara Mengatasi.
sebenarnya tidak ada cara yang paling ampuh untuk memperbaiki permasalahan BBM ini, dari segi software, karena tidak mungkin untuk menambahkan kapasitas RAM pada HP tersebut, kecuali dengan melakukan Root, namun semua itu beresiko tinggi, selain itu bisa juga dengan menginstalkan aplikasi BBm terlama, atau versi lamanya, sehingga tidak memakan banyak RAM, karena BBM Versi baru saat ini telah mneguras banyak RAM bahkan sampai 150 MB, WOW.



 

12 comments: Leave Your Comments

  1. Wah, bagus-bagus bangat ya spek smartphone samasung gal j1, jadi pngin beli samsung galaxy j 1 nih, jadi beli gak ya??? Hhmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus sih, tapi kalo kakak punya temen atau saudara yang udah make Samsung galaxy j1, mendingan coba dulu milik mereka, nah kalo cocok langsung aja beli yg Baru, selama yang di saku mencukupi.. :)
      Harga terbaru j1 ini sekitar 1.400.000

      Delete
  2. bang sya mau tanya ,, hp saya samsung j1 .. kalo mau nelpon langsung mati sendiri

    ReplyDelete
  3. Kalo mati sendiri, mungkin ada kerusakan pada system, atau hardwarenya, coba lakukan flashing menggunakan pc, nah jika berhasil maka ya sukses.. Selamat mencoba...
    Tutorial silahkan cari di google om.. Selamat mencoba dan semoga berhasil

    ReplyDelete
  4. Bang hp j1 saya kok lemot banget batre nya cepet panas padahal cuma buat 4aplikasi aja kenapa bang ya

    ReplyDelete
  5. Bang hp j1 saya kok lemot banget batre nya cepet panas padahal cuma buat 4aplikasi aja kenapa bang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, oenyebab handphone samsung galaxy j1 yang lemot adalah dengan terpakainya banyak kapasitas RAM, misalkan aplikasi BBM, dan Facebook, nah mereka berdua ini memakan banyak banget RAM, untuk handphone cepet panas, itu dikarenakan prosesor bekerja lebih keras dari biasanya, menurut saya, panas itu biasa untuk prosesor dengan spek dual core, solusi dari saya, coba Flash ulang samsung galaxy J1 anda, agar aplikasi, dan updatenya semua di resfresh dan terlihat seperti baru lagi.. Namun itu sih tergantung anda .. :) semoga jawaban saya membantu.. :)

      Delete
  6. j1 saya icon bbmnya sering ilang aja gan..gmna solusinya padahal aplikasi sedikit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikon BBM Sering ilang itu dikarenakan ada sebuah BUG pada HP SAMSUNG J1, nah memang sih sedikit susah untuk diperbaiki, bahkan jika sudah di Flash dan di Restore sekalipun, biasanya permasalahan ini dikarenakan Kurangnya RAM, dan Permission APP nya tidak Auto Start.

      Delete
  7. Help.j1ace q abis di gadai bgtu nebus,mau download bmm dll di playstore hp ny mati sndiri trus hidup lagi.begitu terus tiap mau buka playstore.udah di instal ke konter masih juga begitu.

    ReplyDelete
  8. Mas saya mau tanya kenapa j1 untuk foto mati sendiri padahal baterainya 80% trus baterai ada habis..

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda :), baik berupa Kritik dan Saran Seputar Postingan saya diatas, atau anda bisa mengetikan pertanyaan , atau pernyataan seputar Postingan saya diatas :)