Breaking News
Loading...
Thursday, 9 July 2015

Cara mengatasi Laptop Yang Lemot dan Disk Usage 100% pada Windows 8.1

 

Oke Kali ini saya akan berbagi sebuah tutorial nih, Seperti dalam judul, Dulu laptop saya yang Acer E1-470 juga seperti ini, Lambat dan Bahkan ketika membuka task manager, di Bagian Disk Usagenya 100% ?.. saya bingung kenapa, apa ada program yang saya jalankan dan memakan banyak sumber daya?.. sekitar Hampir 7 Bulan saya di hantui masalah seperti itu ketika saya mamakai windows 8.1 Ini, dan kemudian saya berfikir kemungkinan masih ada Bug di Windows 8.1 Sehingga membuat saya mengubah system operasi Laptop saya kembali ke Windows 7, Seperti dalam Postingan saya yang sebelumnya.

Sekitar 3 Bulanan, saya kembali merasakan fitur yang ada dalam Windows 7, Fitur Aero yang memukau dan Beberapa fitur lainnya, tetapi.. DI sekolah (waktu saya sekolah), Banyak teman teman saya yang memakai windows 8, “Loh?.. kenapa Laptop mereka tidak lemot seperti Laptop saya?”.. dalam hati saya bertanya?.. kemudian akhirnya setelah berfikir panjang, saya kemudian menginstal OS ini kembali, OS windows 8.1 Enterprise 64 Bit, dan Ternyata saya tahu masalahnya dimana..

Kelemotan yang terjadi dalam laptop saya ini dikarenakan Ukuran Laptop saya tidak mencukupi jika harus di Pakaikan Untuk OS 64 Bit, apalagi windows 8.1 yang memakan banyak Virtual Memory yang memakai kapasitas hardisk. Nah akhirnya setelah beberapa lama, saya membeli sebuah RAM baru bermerek Kingstone dengan Ukuran 8 GB, biar Nendang, dan saya pasangkan dalam Laptop saya dengan cara membongkarnya, karena Laptop ini tidak memiliki Tempat Khusus untuk membuka dan menutup tempat penyimpanan RAM, melainkan harus membongkar seluruh isi dari Laptop ini dari bagian depan..

Berikut Screenshot Ketika saya MengUpgrade RAM di Acer E1-470

clip_image002

clip_image004

clip_image006

clip_image008

Nah Itu dia Slot Ram yang masih Kosong, Posisinya ada di bawah, tetapi menemukannya sungguh menyusahkan..

Setelah Ram dipasangkan, saya memasang semua komponen laptop saya dan berharap apa yang saya lakukan adalah benar..

Perlahan saya menyalakan Laptop saya dengan sejuta doa. Hahaha

Dan Laptop berhasil dinyalakan, saya masuk Bios dan melihat RAM sudah Bertambah menjadi 10 GB, WOW mantap. Dan saya keluar dari Mode BIOS setup, dan Masuk ke OS Windows 8.1.

Ketika melihat Task manager kembali, loh?.. kenapa masih lemot?.. nah kembali muncul sebuah pertanyaan seperti itu, kemudian saya mengoprek daleman OS ini nih.. dan kembali ke menu Virtual Memorynya..

clip_image010

Nah tadinya Total Paging Filenya Cuma 2 GB, saya ubah ke Recomendednya Windows yaitu 4 GB

clip_image012

Nah Bisa dilihat Cara nya seperti ini.

Buka File Explorer > System Informations > Advanced System Setting > Advanced > Performance >Advanced. Dan Ubah menjadi Recommended yang diberikan Windows.

Nah setelah melakukan langkah diatas laptop saya menjadi lebih prima dan benar saja, Saya membuka semua aplikasi untuk menguji kemampuan sang laptop, saya membuka (Adobe PS, Adobe AU, Adobe Pr, Adobe Ae, Game Stronghold 3, ) dan saya lihat task manager, Gak ada lagi tuh disk 100%, sedangkan untuk pemakaian RAM Cuma memakai sekitar 4 Gb, masih tersisa 6 Gb lagi. Hahahaha Nendang Banget RAM nya.

Nah Berikut SS dari Task Managernya.

clip_image014

Nah Bisa dilihat kan, Pemakaiannya Cuma 0 – 20 %, jika mengcopy data atau memindahkan mungkin akan jadi 80 %, tapi sangat jarang 100%.

Nah seperti itulah Pengalaman saya, Cara diatas sudah terbukti berhasil Oleh saya sendiri.. Tapi Ukuran RAM memang sangat Penting, Jika Anda Pemilik Laptop dengan RAM 2 Gb, memang sudah sangat cukup Buat Windows 8.1 64 Bit, tetapi mungkin akan terasa lemotnya saat anda memakain Aplikasi Photoshop atau bahkan Firefox. Saran Saya Upgrade RAM menjadi Min 4Gb.

Oke Sekian dari saya, jika ada kekurangan dan kesalahan mohon maaf anda bias memberikan komentar dan pengalaman anda juga di kolom komentar di bawah. Terima Kasih, dan semoga berhasil.

9 komentar:

  1. Laptop sya CPU usage nya gak pernah mau rendah, sllu di atas 50% Walaupun sdang tdak bkerja, itu knpa ya bg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cpu usagenya selalu diatas 50% itu biasanya karena ada aplikasi yang berjalan.. Nah semakin banyak aplikasi yang berjalan semakin berat juga ke prosesor mas, nah biasanya juga pengaruh dari antivirus, dan program yang berjalan di background.
      Ada juga efek dari prosesor semakin bagus core dan clock speednya maka semakin sedikit juga cpu usagenya..

      Delete
  2. bang mau nanya pas saya gunakan avast kok disk langsung 100%

    ReplyDelete
    Replies
    1. penggunaan antivirus memang memakan banyak disk usage, terasuk juga software lainya semisal TuneUp Utilitied dan sebagainya, apalagi jika saat sedang melakukan scaning nah disk usage tersebut menjadi 100% karena hardisk sedang melakukan proses pembacaan data, jadi wajar saja ketika menggunakan avast disk langsung 100%. :)

      Delete
  3. Maaf mau tanya nentuin maximum size nya gimana? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya, Pertanyaan agan kurang jelas?.. maksudnya maximum sizenya itu maximum dari disk usage atau apa ya?..

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Mas laptop Disk saya selalu 100% kalo mau jalanin aplikasi yang agak berat, tpi Memorynya masih 70%-97%, cpu usagenya 30%, yang nguras memory sama disknya itu systemnya, itu gara gara hardisknya apa gimana ?, apa saya harus nambah ramnya ?, saya pake windows 10 64bit ram 2gb, rencana mau ditambah ram 4 kalo ga 8 gb. Terima kasih :D

    ReplyDelete
  6. mas laptop saya pake windows 8.1 yang 32 bit kok disk ny 100% padahal ramnya 2gb, apa harus upgrade lagi?

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda :), baik berupa Kritik dan Saran Seputar Postingan saya diatas, atau anda bisa mengetikan pertanyaan , atau pernyataan seputar Postingan saya diatas :)

 
Toggle Footer