Saturday, 28 June 2014

Pengertian HUB, SWITC , ROUTER dan BRIDGE

 Hai kawan kali ini saya akan share sebuah informasi yang mungkin anak TKJ yang lagi nyari jawaban atas soalnya lewat google tentang pertanyaan yang menyangkut Pengertian HUB, SWITC , ROUTER dan BRIDGE inilah jawabannya teman... hahaha
oke langsung sajalah...
HUB Hub Alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut. Saat ini hub sudah banyak ditinggalkan dan diganti dengan switch. Alasan penggantian ini biasanya adalah karena hub mempunyai kecepatan transfer data yang lebih lambat daripada switch. Hub dan switch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudah dikembangkan sampai kecepatan 1 Gbps.

Switch
Switch Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model. sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun. LAN yang menggunakan Switch untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan Switched Ethernet LANs.

Router
Router Alat yang bertugas untuk mengantarkan paket data dalam jaringan. router dapat digunakan jika tersambung paling tidak dengan dua jaringan yang berbeda sehingga pengaturan tersebut membutuhkan sebuah router.Router berada di sisi gateway sebuah tempat dimana dua jaringan LAN atau lebih untuk disambungkan. Router menggunakan HEADERS dan daftar tabel pengantar (Forwarding Table) untuk menentukan posisi yang terbaik untuk mengantarkan sebuah paket jaringan dan juga menggunakan protokol seperti ICMP,HTTP untuk berkomunikasi dengan LAN lainnya dengan konfigurasi terbaik untuk jalur antar dua host manapun.
                                                                                                              




Pengertian Bridge
Pengertian dari sebuah bridge adalah bekarja pada data link layer pada OSI. bridge adal alat yang digunakan pada suatu jaringan yang berfungsi untuk memisahkan sebuah jaringan yang luas menjadi segment yang lebih kecil. bridge membaca alamat MAC (media access control0 dari setiap paket data yang diterima yang kemudian akan mempelajari dridging table untuk memutuskan apa yang akan dikerjakan bridge selanjutnya pada paket data tersebut, apakah diteruskan atau di abaikan. jika switch menpunyai domein collision sendiri-sendiri disetiap portnya, begitu juga dengan bridge memiliki domain collision ttetepi ia juga dapat membaginya dari sebuah domain collision yang besar menjadi yang lebih kecil, dah bridge hanya akan melewatkan paket data antar segment – segment jika hanya segment itu sangat diperlukan


Terdapat tiga jenis bridge jaringan yang umum dijumpai:
Bridge Lokal : sebuah bridge yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal.
Bridge Remote : dapat digunakan untuk membuat sebuah sambungan (link) antara LAN untuk membuat sebuah Wide Area Network.
Bridge Nirkabel : sebuah bridge yang dapat menggabungkan jaringan LAN berkabel dan jaringan LAN nirkabel.

Semoga bermanfaat Sobat...

MENGAPA FOLDER PADA DRIVE C ADA YANG YANG BERWARNA BIRU ?

MENGAPA FOLDER PADA DRIVE C ADA YANG YANG BERWARNA BIRU ?

hai, kali ini saya akan share sebuah kata kata, dari grup saya di facebook grupnya namanya TIPS TRIK KOMPUTER thanks juga buat mas arul...

Oke gini mas arul ngetiknya.. 
Pertama yang perlu diperhatikan bahwa folder folder yang berwarna biru ini rata rata adalah FOLDER SISTEM. Lantas mengapa hanya sebagian saja yang berwarna BIRU sedangkan yang lain tidak ? Hal ini disebabkan karena FOLDER TERSEBUT TELAH DIKOMPRESI OLEH SISTEM WINDOWS DAN DIBERI TANDA DENGAN WARNA BIRU, jadi bukan karena faktor virus.

Cara mengatasinya bagaimana ?
  1. Klik kanan pada drive yang nama folder dan filenya berwarna biru kemudian pilih PROPERTIES.
  2. Pada tab GENERAL,hilangkan tanda centang pada compress drive to save disk space, kemudian klik OK. Tunggulah beberapa saat sampai selesai.
Cara kedua :
Cara yang kedua adalah dengan melakukan pengaturan pada view di folder options. Cara ini tanpa mengubah atau menghilangkan fitur compress drive to save disk space yang telah aktif.
  1. Buka Windows explorer kemudian klik menu tools dan pilih folder options.
  2. Pada jendela folder options  buka tab View kemudian  hilangkan tanda centang pada Show encrypted or compressed NTFS files in color dan klik OK


 Oke sekian dari saya, maaf ya, jika postingan kali ini cuma Copas, tapi yang penting kita share hal yang kita tahu dengan memasukan link sumbernya, thanks juga buat Mas Arul dari Grup TTRK...
semoga bermanfaat

Beberapa penyebab BSOD / BLUE SCREEN OF DEATH Windows 8 atau 8.1

Hai sobat semua, kembali lagi dengan saya gylang satria yudha, kali  ini saya akan memberitahukan beberapa penyebab Black Screen Of Death pada windows 8 dan 8.1 karena saya sendiri juga pernah mengalami kejadian yang biasa disebut BSOD, oke langsung saja berikut penyebab BSOD yang saya dapat dari blog tetangga yang saya juga lupa nama blognya apa?... (maaf)

DATA_BUS_ERROR
Pesan error ini berarti slot pada motherboard rusak atau berdebu, biasanya slot yang bermasalah adalah pada slot memori. Untuk mengatasinya Anda bersihkan slot-slot yang ada pada mobo terutama slot memori.

PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini berarti telah terjadi masalah pada RAM, periksa apakah RAM rusak atau tidak. Solusinya Anda cabut RAM-nya dan bersihkan slot dan RAM-nya, bersihkan RAM dengan penghapus.

INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini berarti telah terjadi kesalahan pada pengaturan pemasangan jumper, driver IDE controler, atau kesalahan pada saat installasi driver chipset.

MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan error ini berarti disebabkan oleh kerusakan Prosesor, atau juga bisa disebabkan oleh kerusakan/ kekurangan daya pada power supply. Anda harus menjaga suhu prosesor agar tetap terjaga, tapi bila tetap muncul pesan error ini artinya prosesor atau PSU Anda sudah mau tutup usia.

BAD_POOL_CALLER
Kesalahan ini biasanya terjadi karena kesalahan pada saat menginstall atau mengupgrade driver, karena ini memaksakan sehingga komputer mengalami blue screen.

PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan ini terjadi karena ada kerusakan hardware pada komputer Anda, bisa jadi RAM, VGA, atau memory di prosesor (L2 Cache)

IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Masalah ini terjadi bisa karena kesalahan pada saat menginstall driver, terjadinya timpang tindih/ bentrok pada driver yang biasanya terjadi ketika pengguna menginstall/ update driver baru sedangkan driver lama tidak terhapus/ dihapus (berhati-hatilah bagi Anda yang gemar update/ coba-coba install driver baru). Selain itu kesalahan ini pun bisa terjadi karena pengaturan/ penginstallan driver VGA dan Audio Sound.

UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Pesan ini muncul terjadi karena Prosesor terlalu panas, cek kipas prosesor. Bisa juga disebabkan karena overclocking yang melebihi performa batas prosesor. Atau terjadi masalah pada motherboard.

VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kesalahan ini terjadi karena terjadi kesalahan saat install driver video card atau VGA. Solusinya install driver VGA yang sesuai dengan OS dan tipe sistem yang digunakan.