What's New
Loading....

Cara mengkalibrasi battery Laptop



Cara mengkalibrasi battery Laptop

Waktu itu laptop saya Acer E1-470 mengalami hal aneh, ketika laptop sering tiba tiba mati tanpa ada notifikasi terlebih dahulu, padahal laptop saya ini masih tergolong baru, saya sedikit demi sedikit mencari cara agar laptop saya baik seperti laptop teman teman saya, dari mulai saya bertanya pada Komunitas TIPSS TRIK KOMPUTER, Komunitas TKJ, sampai kepada guru saya, jawaban dari mereka tergolong berbeda, ada yang menyarankan menginstal ulang sistem operasi, ada juga yang menyuruh saya membeli battery baru, bahkan ada yang nyaranin beli laptop baru.... menurut saya hal itu sangat sia sia....
Berminggu minggu laptop saya seperti itu, kemudian saya menemukan sebuah tutorial dari blog tetangga yang entah apa nama blognya, tentang cara mengkalibrasi battery laptop, saya ikuti setiap langkah langkahnya, sampai berjam jam saya nunggu, dan hasilnya BERHASIL, ya menurut percobaan saya sendiri Berhasil tapi menurut anda?... 

Oh ia Kalibrasi baterai juga berfungsi untuk mengembalikan/mensetting baterai agar baterai bisa terbaca lebih akurat sehingga memunculkan level yang benar sesuai dengan kondisi asli baterai.
Berikut ini langkah langkah cara mengkalibrasi baterai pada laptop:
  • Nyalakan notebook anda.
  • Setelah menyala, hubungkan adaptor notebook dan charger baterai notebook anda hinga mencapai kondisi full (Notifikasi baterai menunjukka range 99-100%, atau lampu indikator baterai pada notebook warnanya berubah).
  • Setelah bterai full, restart notebook anda dan masuk ke Safe Mode. Jika belum mengerti bagaimana cara masuk ke Safe Mode, pada saat laptop baru menyala, tekan F8 beberapa kali sampai muncu menu Advanced Boot Options.

  • Pada menu tersebut pilih Safe Mode yang dilanjutkan dengan menean tombol Enter. Tunggu sampai Windows masuk ke mode Safe Mode.
  • Setelah masu ke mode Safe Mode, lepas adaptor notebook dan jangan digunakan sama sekali.

  • Biarkan notebook menyala terus sampai akhirnya baterai habis dan notebook mati.
  • Setelah  notebook benar-benar dalam kondisi mati, hubungkan charger dengan notebook, tunggu sekitar 3-5 menit, kemudian nyalakan kembali notebook seperti biasa tanpa melepas charger.
  • Jika ditanya masuk mode mada, pilih Start Windows Normally.
Saat notebook menyala, seharusnya Windows 7 bisa membaca “power meter battery” dengan akurat yang tentunya sesuai dengan konsisi real baterai.

Sekian dan terimakasih .... Semoga Bermanfaat

2 comments: Leave Your Comments

  1. Hallo.. em sy punya masalah yang sm nih. Sy lakukan kayak yang tertulis diatas tp mentok sampe pas muncul Advance Boot Options itu. Waktu mau milih Save Mode sy bingung mesti tekan apa krn kursor gk berfungsi pada tahap itu.. apa yg hrs sy tekan utk pilih safe mode sebelum enter?? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masuk safe mode, menggunakan TOmbol Navigate pada keyboard, Yang biasanya Cuma yang atas sama yang bawah doang.

      Delete

Silahkan berikan komentar anda :), baik berupa Kritik dan Saran Seputar Postingan saya diatas, atau anda bisa mengetikan pertanyaan , atau pernyataan seputar Postingan saya diatas :)